Translate

Senin, 25 Agustus 2014

Jual Minyak, Satu Hari ISIS Raup Rp23,3 Miliar

Jual Minyak, Satu Hari ISIS Raup Rp23,3 Triliun (Ilustrasi: Reuters)  
Jual Minyak, Satu Hari ISIS Raup Rp23,3 Miliar (Ilustrasi: Reuters)

DUBAI
– Kelompok militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) berhasil meraup keuntungan Rp23,3 miliar dalam sehari. Keuntungan itu mereka dapatkan dari hasil penjualan minyak mentah yang mereka jual ke pasar gelap.

Harga minyak yang mereka jual dikabarkan jauh lebih murah dari pasar internasional. Menurut seorang peneliti Brookings Doha Centre Luay Al Khatteeb ISIS diyakini telah menyelundupkan minyak sekira 30 ribu barel dalam sehari.

“Meskipun jumlahnya kecil, hal itu signifikan dan mengkhawatirkan. Mengingat dalam sehari kelompok ini dapat meraup USD2 juta atau Rp23,3 miliar (per Rp11.600) dari penjualan minyak dan bisa untuk membiayai operasinya,” tutur Al Khatteeb, seperti dikutip Zawya, Dubai, Minggu (24/8/2014).

Namun, harga yang dijual ISIS dilaporkan tidak akan memberikan dampak pada harga minyak dunia.

Seperti diketahui, wilayah antara Irak dan Suriah telah jalur pasar gelap yang ideal untuk menjual minyak mentah di bawah kendali ISIS.

Khatteeb menduga kelompok itu, telah mengontrol rute penyelundupan minyak mentah yang diangkut oleh kapal tanker ke Yordania, Iran, Turki , Suriah dan Irak

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar