Translate

Minggu, 05 Juli 2015

Indonesia Harus Waspadai 5 Pesawat Australia ini


Australia terus membangun kekuatan udaranya baik dalam spectrum tempur maupun intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) atau intelijen, pengawasan. Sejumlah rencana dibangun dan tengah berjalan. Diyakini kekuatan Australia di sisi udara akan tumbuh sangat signifikan dalam dekade ke depan. Jadi Indonesia sebagai tetangga terdekat dan kerap memiliki hubungan tidak nyaman harus waspada.
 
Bagaimana kira-kira postur kekuatan Australia dan elemen apa saja yang akan menjadi kekuatan negeri Kanguru tersebut?
1. Hornet dan Super Hornet
Sebuah pesawat F-18 Australia mengisi bahan bakar di atas Irak
Sebuah pesawat F-18 Australia mengisi bahan bakar di atas Irak

Kekuatan udara Australia saat ini masih bertumpu pada F/A-18 Hornet dan Super Hornet. Angkatan Udara Australia (RAAF) saat ini memiliki 71 F / A-18A / B Hornet yang beroperasi di tiga skuadron tempur dan satu unit konversi operasional berbasis di Williamtown dekat Newcastle dan Tindal di Northern Territory. Selain itu juga memiliki 24 F / A-18F Super Hornet  dalam satu skuadron berbasis di Amberley dekat Brisbane.

Hornet klasik Australia secara substansial telah ditingkatkan selama dekade terakhir dengan menerima radar AN / APG-73 untuk menggantikan APG-65, MIDS / Link 16 datalink, Boeing / VSI Joint Helmet Mounted Sistem isyarat , penerima peringatan radar AN baru, Saab BOL countermeasures dispensers dan Elta EL / 8222 jammer pod.

Perangkat tambahan lain meliputi integrasi Northrop Grumman LITENING AT EO / IR, dan senjata baru termasuk MDBA ASRAAM dipandu inframerah AAM presisi GPS bom JDAM, dan rudal udara ke permukaan stand-off Lockheed Martin AGM-158 JASSM.

Namun, hornet termuda memasuki layanan pada tahun 1990 dan armada yang menunjukkan usia struktural. Sebuah rencana untuk menggantikan hingga 49 pesawat pada tahun 2009 hanya 11 pesawat yang terealisasi menunjukkan pesawat sudah dalam kondisi kelelahan.

Masuknya pelayanan Lockheed Martin F-35A, 24 Boeing F / A-18F Super Hornet yang dioperasikan oleh 1 Sqn kemungkinan akan dipertahankan sampai setidaknya 2030. Lebih dari sekedar memberikan airframes yang cukup, Super Hornet telah menyediakan batu loncatan untuk meningkatkan kemampuan udaranya.
Enam super Hornets dikerahkan ke UEA pada bulan Oktober 2014 untuk berpartisipasi dalam operasi tempur melawan pasukan ISIS di mana mereka telah terbang hampir 3,000h dengan tingkat ketersediaan yang lebih baik dari 98%. Pesawat ini diharapkan akan diganti dengan Hornet pada Maret 2015 ini.
Ada banyak keinginan RAAF memberi tambahan perangkat ke Super Hornet mereka khususnya meningkatkan mesin GE F414 dan tangki bahan bakar konformal.
2. EA-18G Growler
RELEASED--MCCM Jerry McLain, CNRNW PAO LCPO, credit as a U. S. Navy photo by: MC1 Bruce McVicar


Akan bergabung dengan Super Hornet di Amberley nanti adalah 12 EA-18G Growler yang direncanakan mulai tiba 2017. Sejumlah kru RAAF sudah berbasis di Angkatan Laut AS NAS Whidbey Island di negara bagian Washington untuk bermigrasi ke jet ini.

Sebagai bagian dari proyek Growler, RAAF akan membangun sistem emitor taktis bergerak di Amberley hingga Delamere di Northern Territory untuk mendukung pelatihan peperangan elektronik, dan ada rencana jangka panjang untuk membangun EW permanen di Delamere. RAAF Growler awalnya akan disampaikan oleh Northrop Grumman AN / ALQ-99 polong jammer, namun RAAF berharap mendapat jammer yang lebih baru yang sedang dikembangkan oleh Raytheon dan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Growler diharapkan untuk mencapai kemampuan operasional awal dengan RAAF pada 2018, sementara kemampuan operasional penuh kemungkinan akan mengikuti setelah rentang EW diaktifkan.
3. F-35 Lighting II
F-35A Australia
F-35A Australia

Setelah diluncurkan dan membuat penerbangan pertama pada 2014, dua F-35A pertama Australia telah dikirim ke sekolah pelatihan F-35 USAF di Luke AFB di Arizona pada bulan Desember 2014. RAAF telah memiliki teknisi yang telah ditempatkan sejak Juni untuk melantik pesawat dan membangun detasemen Australia.

Sejauh ini Australia hanya memiliki kontrak dua F-35A. Pada bulan April 2014 pemerintah Australia menyetujui pendanaan untuk tambahan 58 F-35A dalam jangka waktu 2019-2023.

Unit F-35A pertama di Australia akan dilaksanakan Skuadron 3 berbasis di RAAF Williamtown, yang saat ini terbang F / A-18A Hornet, dan empat F-35A pertama  diharapkan tiba di Australia pada 2019 untuk mendukung kegiatan uji dan evaluasi operasional setempat sebelum izin operasional akhir diharapkan akan didapat pada 2020-2021. 2 Satuan Operasional Konversi yang berbasis di Williamtown dan Skuadron 77 dan 75 Sqn di Tindal diharapkan juga akan mengganti Hornet mereka dengan F-35A pada akhir 2023.

Williamtown dikembangkan dengan pembentukan markas skuadron dan fasilitas pemeliharaan baru, dan meningkatkan landasan dari 610m (2,000ft) menjadi 3,050m (10.000 kaki) untuk mendukung F-35A, sementara beberapa fasilitas untuk Hornet tetap dipertahankan sampai mereka benar-benar pensiun.

Sejauh ini belum ada kesimpulan tentang pernyataan pemerintah pada pertengahan 2014 yang menyebutkan Australia akan mengakuisisi hingga 28 F-35B yang merupakan varian take-off dan landing vertikal F-35B untuk beroperasi dari kapal angkut helicopter kelas Canberra Angkatan Laut Australia. Usulan ini diharapkan bisa mencapai kesepakatan pada 2015 ini. Kemampuan pesawat generasi kelima ini jelas akan mendongkrak dengan siginifikan Australia baik dalam kemampuan tempur maupun intelijen dan pengawasan.
4. E-7A Wedgetail
raaf E-7A Wedgetail

Boeing E-7A Wedgetail AEW & C

Di sisi kemampuan dan spektrum ISR Boeing E-7A Wedgetail AEW & C yang dioperasikan oleh Skuadron 2 di Williamtown telah membulai debut operasionalnya atas Irak pada bulan Oktober, dan menyediakan komando dan kontrol di medan pertempuran riil. Salah satu misi E-7A Irak baru-baru ini berlangsung lebih dari 17 jam, sebuah rekor dunia untuk setiap badan pesawat berbasis 737.

Setelah pembangunan yang berkepanjangan, radar elektronik dipindai array (MESA) Wedgetail di Northrop Grumman multirole kini mencapai stabilitas yang lebih besar dengan perangkat lunak baru, dan dalam banyak parameter dikatakan melebihi spesifikasi kinerja asli. Sebuah upgrade software lebih lanjut untuk radar dijadwalkan akan dilakukan akhir tahun ini, dan FOC untuk armada enam kuat diharapkan akan diumumkan setelah kru tambahan dilatih pada tahun 2016.
5. P-8A Poseidon

raaf p-8a 

P-8A Poseidon

Angkatan Udara Australia secara bertahap mulai menarik Lockheed AP-3C Orion pesawat pengintai maritim dari layanan dan dalam persiapan untuk pengenalan Boeing P-8A Poseidon. Tiga AP-3C ditarik dari layanan pada tahun 2013 dan 2014 dan hingga kini masih meninggalkan 15 pesawat yang aktif yang diopeasionalkan oleh Skuadron 10 dan 11 Edinburgh dekat Adelaide.

Pesawat-pesawat Orion ini diperoleh dalam dua batch  masing-masng 10 pesawat pada tahun 1978 dan 1986, dan secara substansial ditingkatkan di akhir 1990-an. Hingga akhir 2012 dua AP-3C terus dikerahkan selama lebih dari satu dekade di Timur Tengah mendukung koalisi di perang Afghanistan, Irak dan misi di Samudera Hindia.

Australia telah lama ingin menggunakan P-8A Poseidon yang  berbasis 737-800 untuk menggantikan Orion merekas setelah bergabunig dengan program pengembangan P-8 Angkatan Laut AS pada tahun 2007. Pendanaan telah disetujui untuk delapan P-8A dengan kemungkinan mendapatkan setidaknya empat pesawat tambahan.

Pelatihan awak untuk P-8A mulai dilakukan di NAS Jacksonville pada akhir 2014, dan kru ini akan dimasukkan engan skuadron Angkatan Laut AS sampai pesawat RAAF pertama disampaikan pada awal 2016. P-8A Australia  akan tiba di Edinburgh pada akhir 2016, dengan operasional akhir direncanakan untuk Januari 2018.

Kekuatan intai maritim Australia kemungkinan juga akan diperuat dengan sekitar tujuh pesawat tanpa awak atau drone Northrop Grumman MQ-4C Triton yang diharapkan akan diperoleh mulai tahun 2020 dan akan dioperasikan oleh skuadron baru dari Edinburgh. Sementara itu, RAAF juga mempertahankan kemampuan RPV IAI Heron yang telah teruji dalam operasi di Afghanistan dan yang baru-baru ini kembali ke Australia. RAAF juga meminta persetujuan dari pemerintah untuk memperoleh drone tempur tingkat menengah baru di kelas General Atomics MQ-9B Predator Reaper mulai 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar