Translate

Minggu, 05 Juli 2015

F-16 Pecundangi F-35 : Kelemahan yang Akan Dieskploitasi Lawan

f-16 f-35 2

Angkatan Udara mengambil posisi bertentangan dalam menanggapi kabar tes terbaru. “F-35 dirancang untuk menjadi sebanding dengan jet tempur taktis saat ini dalam hal manuver, tetapi desain dioptimalkan untuk siluman,” kata Mayor Jenderal Jeffrey Harrigian, Direktur Kantor Bersama F-35 Pentagon Juli. “Ini akan memungkinkan untuk beroperasi di lingkungan ancaman di mana F-16 tidak bisa bertahan hidup.”

Harrigian bersikeras bahwa itu terlalu dini untuk menarik kesimpulan tentang kelincahan keseluruhan jet, tetapi uji Januari 2015 yang mempertemukan F-16 dan F-35 telah memunculkan banyak pertanyaan.

Lockheed masih menyatakan bahwa uji pada Januari menunjukkan hasil positif. “Skenario dogfighting berhasil menunjukkan kemampuan F-35 untuk manuver ke tepi batas tanpa melebihi mereka, dan menangani dengan cara yang positif dan dapat diprediksi,” kata perusahaan.

Tetapi semua terbantahkan ketika laporan pilot uji bocor. Di mana disebutkan F-35 sangat sulit bermanuver untuk melawan atau bahkan mengimbangi F-16. Dan setelah kabar itu muncul, Lockheed dan Pentagon kembali memunculkan alasan.

Lockheed menyatakan bahwa F-35 yang dilakukan untuk uji tarung dengan F-16 Januari 2015 adalah jet uji yang tidak memiliki perangkat lunak untuk menjalankan sensor senjata. Jet AF-02 yang melakukan tes kendaraan uji awal yang tidak memiliki banyak sistem kunci F-35.

Tapi bagaimana jika kemudian pesawat ditambahi dengan berat senjata tambahan atau perlengkapan lainnya, jet tempur, meski bukan yang pesawat uji akan makin kesulitan untuk mengunci target. Sedangkan terkait sensor, maka dalam pertarungan jarak dekat energi, penglihatan dan refleks adalah faktor kunci. “Bahkan dengan F-16 menggunakan konfigurasi bahan bakar eksternal, F-35A tetap tidak mampu melakukan bidikan,” tulis pilot uji.

Menjadi aneh ketika F-35 harus menghindari pertempuran udara. Karena jika ini terjadi maka Pentagon pasti sadar mengasumsikan musuh-musuhnya akan melakukan segala cara untuk mengeksploitasi kelemahan ini. Pilot lawan akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa melakukan pertempuran jarak pendek dengan F-35. Dan jika itu terjadi maka pesawat siluman ini akan kedodoran dan akhirnya jatuh tak berdaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar